Bangun SDM dan Perekonomian, Barisan Relawan Jalan Perubahan Apresiasi Instruksi Jokowi Terkait Pembangunan Gedung Kreatif!


Presiden Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, pada Selasa, 21 Maret 2023. (Foto: Ist)

Jakarta – Ketua DPP Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) M Adli Abdullah mengapresiasi Presiden RI Jokowi yang menginstruksikan pemerintah daerah membangun gedung kreatif anak muda di empat provinsi.

“Kami mengapresiasi instruksi Jokowi. Pemerintah daerah harus cepat merespons pembangunan tersebut serta dengan mempersiapkan apa saja yang diperlukan,” kata M Adli Abdullah dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Minggu.

M Adli Abdullah mengatakan instruksi tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Poros Wahno, Abepura, Provinsi Papua, Selasa (21/3).  Jokowi juga meminta agar hal serupa dibangun di NTT, Maluku, dan Aceh.

Pembangunan fisik gedung, kata M Adli Abdullah, bisa setahun selesai. Namun, isi gedung tersebut membutuhkan pemikiran yang kreatif, sehingga membutuhkan waktu lama.

Ia mengatakan youth creative hub sangat berguna untuk meningkatkan peran generasi muda bangsa berkiprah lebih banyak lagi dalam konstelasi pembangunan.

Di daerah-daerah dijumpai generasi muda yang memiliki kreativitas, inovasi, minat besar untuk bergerak di bidang fesyen, industri kreatif, peternakan, perikanan dan lain-lain yang semua memiliki kesempatan.

Bara JP melihat peluang bagi generasi muda di daerah-daerah akan sangat membantu mengentaskan kemiskinan. Ini juga salah satu cara mencegah milenial berbondong-bondong ke Pulau Jawa.

“Pada 2019, Presiden Jokowi menegaskan Indonesia bukan hanya ada di Pulau Jawa saja,” kata M Adli Abdullah menyebutkan.

M Adli Abdullah mengutip pernyataan Jokowi agar YCH juga dibangun di NTT, Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh, mulai 2023 dan selesai pada 2024 dengan meniru saja yang ada di Papua yang sudah diresmikan.

Dosen Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, itu juga memuji Badan Intelijen Nasional (BIN) sebagai pembina dan yang telah menginisiasi YCH

“Gubernur di empat provinsi harus cepat respons mendukung pembangunan gedung ini agar bisa digunakan tahun depan dan milenial memiliki wadah menyalurkan kreatifnya,” kata M Adli Abdullah.

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai