Mantap! Usai Diresmikan Jokowi, Kini Naik Kereta Api Makassar-Parepare Masih Gratis untuk Umum


Presiden Jokowi meresmikan Kereta Api Makassar Pare-pare di Maros, Sulsel. (Foto: Ist)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Api (KA) Makassar-Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk rute Kabupaten Maros-Barru. Meski telah diresmikan, pengelola KA Sulsel masih menggratiskan untuk penumpang secara umum.

"Untuk sementara kita gratiskan dulu karena memang masih ada kemarin yang bersurat, teman-teman yang bersurat memang belum kita fasilitasi," ujar Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel Fathir R Siregar di Stasiun Rammang-rammang, kepada detikSulsel, Rabu (29/3/2023).

Fathir menegaskan naik kereta api masih gratis untuk penumpang umum setiap hari Sabtu dan Minggu dari Stasiun Mangilu menuju Garongkong. Sementara untuk Senin hingga Jumat hanya digunakan untuk reguler atau yang bersurat, dengan rute Depo Maros hingga Garongkong.

“Masih gratis. Sabtu dan Minggu digratiskan untuk umum,” ujarnya.

Fathir menuturkan, saat ini pihaknya belum mengetahui pasti kapan akan memberlakukan tarif bagi penumpang KA. Pasalnya, dia menyebut masih ada penumpang reguler yang sudah bersurat namun belum terfasilitasi.

“Kami selesaikan yang bersurat. Yang bersurat dulu. Kasian dong mereka sudah bersurat jauh-jauh hari, nanti tiba-tiba kita tarifkan kan tidak juga,” katanya.

Fathir juga menyebut, setelah peresmian ini, pihaknya akan lebih fokus memberikan pelayanan yang baik. Dia ingin KA menjadi pilihan utama masyarakat daripada kendaraan pribadi.

“Jadi paling kita lakukan pelayanan, lakukan pelayanan yang terbaik dulu, yang penting itu masyarakat Sulawesi Selatan senang dulu menggunakan kereta,” katanya.

Presiden Jokowi meresmikan KA Sulsel yang merupakan bagian dari proyek KA Trans Sulawesi yang direncanakan terhubung hingga Sulawesi Utara (Sulut). Adapun rute yang diresmikan Jokowi yakni Kabupaten Maros-Barru sepanjang 80 kilometer.

“Pada siang hari ini saya resmikan pengoperasian jalur Kereta Api Makassar Parepare antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros,” ujar Jokowi dalam sambutannya di Depo Kereta Api Maros, Rabu (29/3/2023).

Peresmian KA Sulsel ini ditandai dengan penarikan tuas kereta oleh Jokowi. Menurut Jokowi, proyek KA Trans Sulawesi ini akan dibangun secara bertahap yang direncanakan terhubung hingga ke Manado, Sulawesi Utara.

“Jalur Kereta Api Trans Sulawesi nantinya insyaallah akan sambung menyambung dari Makassar ke Sulawesi Utara di Manado,” tuturnya.

Namun Kereta Api Sulsel yang diresmikan saat ini yang siap beroperasi sepanjang 80 kilometer. Rutenya melintasi Stasiun Mandai Maros dan Stasiun Garongkong Barru.

“Meskipun sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare, dan yang sekarang yang ingin kita resmikan jalur dari Maros-Barru,” tuturnya.

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai