Masih Prakualifikasi, Jokowi: Saat Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Belum Tahu Israel Lolos!


Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

Jakarta –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan saat ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, Indonesia belum mengetahui Timnas Israel lolos kualifikasi.

Awalnya Jokowi mengungkapkan pemilihan tuan rumah Piala Dunia U20 dilakukan dengan sistem bidding dan proses panjang.

Jokowi juga mengatakan Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada Oktober 2019.

“Dan pada proses akhir, ada tiga kandidat negara yaitu Brazil, Indonesia, dan Peru. Saat itu semua pihak berjuang, kerja keras bersama-sama agar Indonesia dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia U20,” katanya dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

“Dan akhirnya, bulan Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan saat itu Indonesia tidak tahu siapa saja yang ikut sebagai peserta Piala Dunia U-20. Karena saat itu masih proses prakualifikasi.

“Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita tidak tahu siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi,” ujarnya.

Jokowi mengatakan kepastian Timnas Israel U-20 dalam ajang ini baru diketahui pada Juli 2022. “Dan kepastian soal timnas Israel U-20 baru kita ketahui pada Juli 2022,” ungkapnya.

Jokowi pun menegaskan keikutsertaan Israel ini tak ada kaitannya dengan konsistensi politik luar negeri Indonesia. Jokowi mengatakan dukungan terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat.

“Saya menjamin keikutan Israel tidak ada kaitannya dengan konsisten politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” tegasnya.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai