Peduli Lingkungan, Jokowi Minta Perusahaan Tambang Lakukan Rehabilitasi dan Reklamasi Pascatambang!


Presiden Jokowi meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea, di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (30/03/2023). (Foto: Ist)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa seluruh perusahaan tambang yang ada di Tanah Air harus melakukan rehabilitasi dan reklamasi terhadap lahan yang telah digunakan untuk pertambangan.

Proses rehabilitasi dan reklamasi pascatambang tersebut juga harus dilakukan dengan baik sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

“Itu akan saya perintahkan, segera saya perintahkan kepada seluruh perusahaan tambang di Indonesia mengopi/meniru apa yang telah dilakukan PT Vale,” ujar Presiden Jokowi yang dikutip melalui siaran persnya saat  meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea, yang ada di kawasan pertambangan nikel yang dikelola oleh PT Vale, di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023).

Presiden menjelaskan, upaya yang dilakukan oleh PT Vale Indonesia sangat baik dilakukan pada setiap lahan yang telah selesai dilakukan penambangan. Sehingga,  dillokasi pertambangan dapat menghindari kerusakan lingkungan yang rawan terjadi setelah kegiatan penambangan. 

“Menilai upaya tersebut dilakukan dengan sangat baik sehingga tidak terjadi kerusakan lingkungan,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden mengapresiasi PT Vale Indonesia, karena memiliki arboretum atau tempat berbagai bibit ditanam dan dikembangbiakan untuk tujuan penelitian atau pendidikan. Edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang dilakukan PT Vale kepada anak-anak.

“Ini sangat penting sekali, karena sekali lagi, tambang ini bukan hanya akan kita nikmati tetapi harus juga dinikmati oleh anak cucu kita dalam mungkin bentuk yang lain,” ujar Presiden.

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai