Jumlah Pemudik Capai 123 Juta! Jokowi: Semua Sudah Diatur, Insyaallah Tak Ada Masalah


Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah telah melakukan perbaikan manajemen agar mudik Lebaran 2023 berjalan lancar. Jokowi berharap tak ada masalah signifikan saat arus mudik tahun ini.

“Semuanya sudah kita atur insyAllah moga-moga tidak ada masalah. Termasuk juga yang di jalan tol. Semuanya kemarin kita cek. Moga-moga insyaAllah tidak ada masalah,” kata Jokowi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (13/4/2023).

Jokowi menekankan perihal adanya pelonjakan jumlah pemudik dari 86 juta ke 123 juta pada 2023 ini. Karena adanya peningkatan jumlah pemudik, Jokowi sudah melakukan pengecekan terutama di wilayah-wilayah yang sempat bermasalah pada masa mudik Lebaran 2022.

“Sehingga kemarin saya cek yang tahun lalu bermasalah di Bakauheni, di Merak, kan bermasalah tahun kemarin di pelabuhan itu, itu kita cek,” ujarnya.

Jokowi berharap tak ada masalah seperti pada mudik Lebaran tahun lalu. Jokowi meminta persiapan dilakukan secara detail.

“Kita harapkan tidak ada masalah. Manajemen lapangannya juga detail sudah dilakukan. Pelabuhan mana yang dipakai untuk kendaraan, pelabuhan mana yang dipakai untuk kendaraan-kendaraan berat, pelabuhan mana yang dipakai untuk mobil pribadi dan bus semuanya sudah diatur dalam pelabuhan-pelabuhan yang berbeda,” ujar Jokowi.

Jokowi menyoroti titik rawan di Merak, yaitu Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah. Menurut Jokowi, penanganan saat ini sudah lebih baik untuk mencegah penumpukan kendaraan dan penumpang.

“Kita harapkan tidak terjadi seperti tahun lalu. Cikuasa Atas Cikuasa Bawah masalah. Kemudian ada masyarakat yang belum beli tiket menjadikan masalah juga,” ujar Jokowi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai