Siapkan Tranformasi! Menpora Dito Ariotedjo Ungkap Keinginan Jokowi, Ada Pencarian Bakat Pemain Sepak Bola Usia Dini


Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau lebih dikenal Dito Ariotedjo sebagai Menteri pemuda dan Olah Raga (Menpora). (Foto: Ist)

Jakarta – Menpora RI, Dito Ariotedjo menerima audiensi dari Asosiasi Pembina Sepak Bola Usia Muda Seluruh Indonesia (Apsumsi) di Kemenpora, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Dito mengatakan, Presiden Jokowi meminta adanya pencarian bakat atau talent scouting pada pemain usia dini agar Indonesia bisa mendapatkan pemain yang siap untuk bertanding pada kejuaraan dunia kedepannya.

Menurutnya, Jokowi telah memberikan instruksi untuk pengembangan pemain sepak bola harus dilakukan sejak usia dini mulai dari usia 8 sampai dengan 12 tahun.

“Jadi hari ini melaporkan sudah terbentuk induk baru [untuk mengorganisasikan pembinaan sepak bola usia muda) di Januari 2023 dan baru akan pelantikan tapi tadi saya meminta ini sesuai dengan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa beliau ingin adanya talent scouting di usia dini dan grassroot, dari usia 8,9,10,11 dan 12,” ucap Dito

Dito menilai hal ini merupakan terobosan bagi Kemenpora dengan harapan dapat segera dijalankan oleh PSSI.

“Ini suatu energi baru juga buat Kemenpora kita juga tadi meminta kepada Pak Ketum untuk segera dilakukannya Liga-Liga untuk talent scouting tersebut dan juga tadi saya meminta untuk merangkul seluruh operator dan stakeholder yang ada di dunia sepak bola, jadi ini kita harapkan bisa segera bekerja dan juga melahirkan program-program talent scouting yang bisa melahirkan atlet timnas sepak bola kita,” kata Dito.

“Ini seluruh Indonesia, tadi saya meminta untuk seluruh Indonesia tapi memang baru training center-nya di Pondok Gede, jadi yang tadi kita minta walaupun perdana di Pondok Gede tapi saya minta juga di titik daerah ini juga dilakukan kegiatan-kegiatan liga-liga tersebut,” ucap Dito menambahkan.

Dito juga meminta kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk merangkul seluruh operator kompetisi sepak bola usia muda untuk bersatu dalam satu visi dan misi.

“Ya tadi saya sudah bicara yang sudah gabung 10 [operator liga usia muda], prinsipnya saya meminta pak ketum ini untuk merangkul seluruh operator yang ada biar ini jadi satu kesatuan dan operator ini bisa saling bantu dan melengkapi mana titik yang belum terjamah jadi bisa saling bagi daerah ini gerak bersama karena Indonesia sangat luas. Dan ini kan target ini kan usia dini, jadi mangkoknya besar sekali. Ini di bawah naungan Kemenpora,” ucap Dito.

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai