Survei Sebut 81 Juta Milenial Belum Punya Rumah, Jokowi Himbau Hunian Vertikal Harus Dibangun di Kota Besar


Presiden Joko Widodo tersenyum di Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (13/4/2023), ketika ditanya momen kebersamananya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepanjang akhir pekan lalu.. (Foto: Ist)

Jakarta – Presiden Joko Widodo membeberkan strategi pemerintah dalam mengentaskan permasalahan kepemilikan rumah. Dimana saat ini ada 81 juta milenial berusia produktif yang berstatus belum mendapatkan fasilitas hunian.

Menurut dia, hunian vertikal bisa menjadi solusi persoalan sulitnya mencari tempat tinggal di kalangan milenial dan masyarakat umum.

“Ini memang yang dibutuhkan oleh kota-kota besar, tidak hanya Jabodetabek tapi kota-kota besar di seluruh Tanah Air memang harus dibangun hunian yang vertikal, ke atas,” ujar Jokowi saat meresmikan Hunian Milenial Indonesia yang berada di Rusun Semesta Mahata, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (13/4/2023).

Jokowi meminta agar tanah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) bisa dimanfaatkan untuk merealisasikan hal itu.

Utamanya tanah yang berpotensi memiliki transit oriented development (TOD) yang bisa diintegrasikan dengan sistem transportasi.

“Harus segera dikerjakan dibangun seperti ini, sehingga kekurangan hunian, baik milenial maupun masyarakat itu bisa tersedia dengan baik,” ujar Jokowi.

“Dan yang paling penting, cepat bisa menjangkau ke semua titik yang diinginkan seperti yang di sini (Depok). Mau kuliah dekat, ke RS dekat, mau ke tengah kota tinggal masuk ke KRL langsung sudah 10-15 menit sampai,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Presiden menjelaskan bahwa Hunian vertikal bisa bermanfaat untuk mengurangi kemacetan.

Sebab, jika dibangun di dekat sarana transportasi, akan memudahkan mobilitas masyarakat dengan transportasi umum.

 

Comments

Popular posts from this blog

Jokowi Tunjuk Menko Luhut Jadi Ketua Pengarah Pengembangan Industri Gim Nasional

Sarat Inovasi! Proyek IKN Gunakan Beton Cepat Kering dan Semen Hijau

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Konghucu Ambil Peran Ciptakan Pemilu Damai